Sejarah dan Arah Kebijakan

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STAI AL-Ma’arif Way Kanan sebagai institusi pelaksana terdepan dalam pengembangan di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, dituntut untuk berperan aktif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, kearifan lokal, dan teknologi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, indeks pembangunan manusia (IPM),  dan daya saing bangsa dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

STAI AL-Ma’arif Way Kanan saat ini sebagai lembaga pendidikan tinggi yang ber asaskan Islam yang memiliki beberapa disiplin ilmu keagamaan, maka LPPM sebagai salah satu institusi bagian dari STAI AL-Ma’arif Way Kanan, harus sejalan dan memberikan dukungan tercapainya arah pengembangan yang telah ditetapkan oleh negara. Dukungan yang diberikan oleh LPPM sebagai institusi yang melaksanakan riset dan pengabdian kepada masyarakat maka LPPM harus menghasilkan penelitian sesuai prioritas nasional, dan Rencana Induk Penelitian (RIP) STAI AL-Ma’arif Way Kanan menjamin pengembangan penelitian unggulan, meningkatkan mutu yang relevan bagi masyarakat, meningkatkan perolehan HKI secara nasional maupun internasional, demikian juga pengabdian kepada masyarakat harus mampu menciptakan inovasi teknologi, mampu melakukan alih teknologi, dan mampu mendorong indeks pembangunan Manusia tercapai baik .

LPPM dalam mengelola Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, meliputi :

  1. Standar arah, kegiatan penelitian mengacu pada rancangan induk penelitian (RIP) STAI Al-Ma’arif Way Kanan.
  2. Standar proses, kegiatan penelitian dan pengabdian direncanakan, dilakukan, dikendalikan, dan ditingkatkan sesuai dengan sistem peningkatan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang
  3. Standar hasil, kegiatan penelitian memenuhi kaidah ilmiah universal, didokumentasikan, serta dapat dipertanggung jawabkan. Standar hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus berhasil menciptakan inovasi untuk mendorong ekonomi dan memenuhi kebutuhan
  4. Standar kompetensi, kegiatan penelitian dilakukan oleh peneliti yang kompeten dan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dari hasil penelitian yang sesuai dengan kaidah
  5. Standar Sarana dan Prasarana, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat didukung oleh sarana daan prasarana yang mampu menghasilkan temuan ilmiah dan solusi masalah dalam
  6. Standar outcome, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus berdampak positif pada pembangunan masyarakat bangsa dan negara di berbagai sektor.

 

Sejalan dengan peran aktif yang diemban oleh LPPM dalam mendukung STAI AL-Ma’arif Way Kanan berdaya saing,  Tugas yang diemban LPPM adalah :

  1. Menentukan arah penelitian dan pengabdian kepada
  2. Mengkoordinasikan penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan atau
  3. Mengkoordinasikan penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, di dalam negeri.
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk me- ngembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, di dalam negeri.
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk me- ngembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, di dalam negeri.
  6. Menghimpun para peneliti di perguruan tinggi dalam klaster lintas disiplin
  7. Mengembangkan payung penelitian unggulan sesuai dengan RIP STAI AL-Ma’arif Way Kanan.
  8. Membentuk dan mengembangkan kelompok peneliti (Research group).
  9. Melakukan kegiatan penyebarluasan hasil penelitian melalui publikasi
  10. Mengkoordinasikan penerapan hasil-hasil penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni tertentu untuk menunjang
Back To Top